Headline News

25 September 2024

Tumbuhkan Budaya Santun Menyambut Kedatangan Siswa pada Pagi Hari di SMAN 11 Garut


GARUT -
 Penguatan karakter sikap berakhlak mulia serta nilai-nilai kehidupan pada siswa dapat dilaksanakan di mana pun dan kapan pun, baik di dalam maupun di luar kelas. Salah satu upaya pengembangan karakter di SMA Negeri 11 Garut adalah menanam dan menumbuhkembangkan karakter siswa sebagai budaya sekolah, yaitu menyambut kedatangan siswa pada pagi hari di depan pintu gerbang sekolah.

Senyuman, sapa, dan bersalaman oleh guru-guru menyambut hangat siswa dengan penuh rasa kasih sayang di depan pintu gerbang sekolah. Tujuannya untuk menciptakan suasana nyaman dan harmonis di lingkungan sekolah, yang dapat mendorong rasa bahagia pada siswa sebagai awal persiapan proses pembelajaran.

Menurut Kepala SMA Negeri 11 Garut, H. Ridwan Ruswanda, M.M.Pd., kegiatan menyambut kedatangan siswa di pagi hari merupakan bagian dari upaya membangun budaya sekolah yang ramah dalam mendukung proses pembelajaran. "Menyambut mereka dengan penuh kehangatan, harapan kami dapat meningkatkan motivasi mereka untuk datang ke sekolah tepat waktu dan merasa lebih nyaman di lingkungan sekolah," ungkapnya.

Setiap pagi, enam guru bertugas secara bergantian sesuai jadwal yang telah ditentukan. Guru yang bertugas sudah berada di pintu gerbang sejak pukul 06.30 WIB. Selain menyambut siswa dengan senyum, sapa, dan bersalaman di pintu gerbang, kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk membangun kedekatan dengan memotivasi siswa agar selalu menjaga kebersihan diri, kerapian, keseragaman pakaian serta menanyakan kabar mereka.

Kegiatan penyambutan pagi hari di sekolah telah menjadi rutinitas budaya sekolah. Guru-guru dan siswa dapat menjalin kedekatan dengan makna bahwa siswa berada di lingkungan sekolah yang ramah, sebagai salah satu ciri khas budaya baik. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan fondasi karakter yang kuat bagi siswa sebagai generasi penerus bangsa.

Sesuai Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal, SMA Negeri 11 Garut berkomitmen untuk berperan dalam pembentukan karakter generasi anak bangsa yang unggul dan berakhlak mulia. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter dan nilai-nilai kehidupan sebagai bentuk pelayanan prima kepada orang tua yang telah mempercayakan anak mereka untuk disekolahkan di SMA Negeri 11 Garut.

Manfaat kegiatan menyambut siswa pagi hari juga berdampak pada meningkatnya motivasi siswa untuk membiasakan rasa percaya diri dan berkomunikasi serta menjalin kedekatan dan keakraban dengan guru. Dengan demikian, siswa diharapkan selalu bersikap baik, memberikan senyum, salam, sapa, dan berjabat tangan sebagai tanda bahwa budaya santun telah membudaya. Hal ini juga menunjukkan bahwa membangun budaya santun melalui contoh langsung sangat efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan mendukung.

Renungan ""

"Dan orang-orang yang apabila melakukan kejahatan atau mengianiaya dirinya sendiri, mereka lalu ingat kepada Allah, kemudian memohonkan pengampunan kerana dosa-dosa mereka itu. Siapakah lagi yang dapat mengampuni dosa-dosa itu selain Allah? Dan mereka tidak terus-menerus mengulangi perbuatan yang jahat itu, sedang mereka mengetahui." (QS. Ali-lmran: 135)
 
Copyright © 2016 www.sisiberita.com | Mengupas Tuntas, Akurat Menyajikan Sisi Berita
Design by FBTemplates | BTT